Sunday, October 07, 2007

Semangat Lebaran buat KnK

Mungkin buat Kendall dan Khadija menanti hari lebaran tidak seperti aku kecil menanti lebaran. Maklum di negara yang nyaris tak terdengar azan apalagi takbir, gema lebaranpun jauh dari gaungnya. Yach...akulah dengan caraku sendiri memeriahkan suasana ini, mengembar-gembor betapa hari lebaran itu adalah hari yang sangat special, hari yang dirindukan seluruh muslim di dunia.

Waktu kecilku...biasanya hari-hari begini sudah sibuk. Mami sudah mulai sibuk bikin kue kering. Bayangkanlah kue coklat bergula-gula, godaan yang paling besar buat anak-anak. Malam-malam sudah mikir-mikir baju apa yang mau dipakai pertama, kedua dan seterusnya. Bertakbiran keliling kota, kadang disambung dengan main lilin dan kembang api. Membayangkan salam tempel yang bakal diterima bikin hari raya benar-benar hari yang dinanti-nanti.

Semua yang kualami dulu tidak sama yang dengan Kendall dan Khadija rasakan. Mereka ga pernah mencium bau harum kue-kue pertanda hari raya semakin dekat. Boro-boro mau bikin kue, yang datang juga ga ada...lagian kue apa yang mau dibikin?! Pakai baju baru...ah ga lebaran juga bisa pake baju baru. Keliling kota membaca takbir...aduh rombongan mana yang bisa kami ikuti? Main kembang api dan lilin-lilin...kembang apinya hari kemerdekaan Amerika cukup spectakuler, malah sampe dua tiga kali ditonton dalam sebulan itu. Salam tempel...wuah siapa yang mau ngasih? Lagian kalo dikasihpun anak-anak ini masih belum tau mau diapakan uang itu.

Itulah beratnya membesarkan anak di budaya yang asing. Apalagi bulan Ramadhan ini yang sebagian jatuhnya kebetulan di bulan Oktober, bulannya anak-anak disini sibuk mempersiapkan Haloween. Orang-orang pada sibuk mendekor rumahnya dengan hiasan haloween, dan sibuk mikirin mau pake kostum apa nanti. Jangan sampe spirit haloween mengalahi bulan nan suci ini akupun harus memeriahkannya semeriah mungkin untuk Kendall dan Khadija. Malam ini kita semua mulai "deck the hall"... Menyalakan lampu lentera di rumah, menghias rumah dengan apa aja yang gemerlap. Untung ada hiasan ketupat-ketupatan dari Indonesia jadi lengkap dech suasananya. Kendall dan Khadijapun semangat sekali membantu. Apalagi melihat hadiah-hadiah yang terbungkus anak-anak sudah mulai sibuk menghitung hari. Ada rasa bahagia yang paling dalam melihat anak-anak mikir kapan hari raya. Meskipun rumah tetangga gemerlap dengan hiasan haloween, anak-anakpun cukup gembira mendekor rumahnya dengan ketupat-ketupatan. Alhamdulillah...biarpun jauh saudara-saudara di tanah air, tanpa takbir dan salam tempel, ternyata semangat lebaran cukup dirasakan Kendall dan Khadija.

6 comments:

mochie said...

Salut sm semangat mommy 2K ini,semuanya digerakan sendiri yah.

Buka puasa ke mesjid..skrg mencoba menyemarakan suasana Ramadhan...two thumbs up lah!!!!

KnK ayo mampir ke tmpt 3jagoan,ntar dapet salam tempel nih!

Anonymous said...

wah bagus kak, bagus!! masa lebaran kalah sama halloween?? iya juga ya...kalo di indonesia kan menjelang lebaran heboh banget tuh krucil-krucil. minta dibeliin baju, takbir keliling, salam tempel (apalagi adat orang sumatra...hehehehe). hmm...semangat ya kak!!

btw, met idul fitri, mohon maaf lahir dan batin!!

Retno Prihadana said...

Met lebaran ya buat elvi sekeluarga, mohon maaf lahir dan bathin. Aku bikin kue kering cuman kaastengel dan nastar doang, itu aja udah abis sebelum lebaran..hi..hi di nyamil saat buka puasa, lagian nggak ada acara tamu2an. Kita biasanya sholat Ied di KJRI Hamburg dilanjut dengan halal bihalal.

Vie said...

Kurasa sama aja kita ini Vi.
Tamara juga gak tau apa itu Lebaran, biarpun dah kuceritain dari dulu-dulu. Gimana rasa Lebaran sebenarnya.
Bikin kuker abis Tarawih begadang langsung sahur. Kan seru.
Tapi kamu pinter Vi, masih mau ngiasin rumah. Aku rasanya maleees kalilah.
Main lilin dan bunga api juga dulu ya Vi rupanya. Samalah kek aku.

Unknown said...

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin ya Vi..

putri said...

Met Idul Fitri, maaf lahir batin ya.