Sunday, July 08, 2007

Nonton layar tancap

Layar tancap ga cuma ada di Indonesia aja lho! Disini juga ga kalah hebatnya orang-orang menikmati hiburan rakyat yang satu ini.

Bulan ini bulannya Harry Potter maka film yang diputar juga Harry Potter. Tapi yach...yang namanya nonton gratis film yang diputar juga yang kadaluawarsa alias Harry Potter yang pertama. Ga papa dech...meski udah berkali-kali kita nonton kan lain kalo nonton bareng, di layar yang gede!!!

Sebelum film diputar acara dimulai dengan kontes kostum yang bertema Harry Potter. Setelah dipilih pemenangnya dilanjutkan dengan nari bersama-sama. Wuaaah aku kaget liat Kendall dan Khadija langsung lompat begitu dimulai musik chicken dance...oh semangatnya mereka dance.

Malampun turun filmpun diluncurkan! Layar tancap...memori masa kecilku datang lagi. Di tempat kudibesarkan di Darussalam, dulu... dulu sekali ketika aku masih kecil-kecil. Ada bioskop yang kita sebut PHR (Panggung Hiburan Rakyat). Bioskopnya bukan pake layar tancap, tapi gedungnya setengah terbuka dan setengah tertutup. Kalo banyak duit ada tiket untuk diatas. Kalo ga ada duit duduk di rumput beralas tikar beratap langit, dan kalo mau enak bawa bantal sendiri, diguyur hujan bubar.... filmpun usai!!! Tidak ada istilah bayar separuh karena filmnya ditonton cuma separuh he he he...

Aku ingat ada beberapa momen kita ikutan nonton juga kesana... jalan kaki rame-rame sama tetangga-tetangga. Dijalan ga ada lampu jadi kebanyakan orang bawa senter. Duh bela-belain amat... Rasanya pada saat itu emang benar-benar hiburan yang luar biasa, bawa bekal segala ... bahkan ada yang bawa obat nyamuk lagi hi hi hi...

Memang aku ga sempat ngerasain nonton yang beralas tikar itu, aku berkesempatan duduk yang diatas. Serasa super special dapat duduk disitu, meski bangkunya terbuat dari papan panjang tapi sudah cukup VIP lah untuk jaman itu. Duduknya juga ga boleh bergerak terlalu banyak bisa-bisa jatuh kebawah ha ha ha...selesai nonton kaki pasti bentol-bentol digigit nyamuk!!! Memori oh memori...

Perlahan-lahan dengan masuknya TV dan kemajuan teknologi, panggung hiburan inipun akhirnya tutup. Terakhir kali aku kesana mungkin ketika aku masih duduk di kelas 1 SD, sekitar tahun 77... PHR ini ga langsung tutup di tahun 70an itu, tapi akunya yang tidak pernah kesana lagi. Beranjak besar kami lebih sering pergi nonton film di kota, dan ga usah dipungkiri ada rasa gengsi kalo nonton disitu. PHR terus jalan sampe akhirnya tutup sama sekali di penghujung tahun 80an.

Kini aku dengan anak-anakku...ga ada bedanya dengan aku kecil dulu. Rame dengan teman-teman nonton layar tancap. Beralas selimut dan juga membawa bekal...plus semprotan obat nyamuk. Apa bedanya dengan aku dulu?! Tapi kenapa perasaan itu tidak sama?! Kenapa tidak ada rasa malu ngikutin hiburan yang kalau dulu aku merasa norak dan kampungan?! Apa bedanya?! Cuma tempat dan orang-orangnya kah?! Apa karena disini orang bule semua yang kesannya lebih hebat?! Atau mungkin karena yang datang dari segala kalangan, dari segala golongan...bahkan film yang akan ditontonpun sudah berkali-kali dilihat...tapi semua datang kesini untuk menikmati kebersamaan, menikmati tontonan di alam terbuka sambil piknik sambil ngobrol, tiduran menatap langit dll.

Ntahlah...yang jelas aku rindu masa kecilku. Bukannya aku rindu dengan keterbelakangan saat itu. Tapi aku rindu dengan manisnya masa lalu di zaman yang serba sulit itu. Tiga dekade terlewatkan, aku melihat pergantian zaman. Aku bangga bisa melihat dan menikmati perubahan itu. Ga bisa kubayangkan kalo dari dulu sudah ada blog begini... melihat kembali masa kecilku. Bersyukurlah anak-anakku...Insha Allah kalo besar nanti mereka bisa kembali ke masa lalunya disini.

Layar tancap...some meories!!!

ga sabaran nunggu film dimulai...


Chicken dance...

2 comments:

Vie said...

Iya Vi, aku jadi ingat itu PHR. Hahaha, ingat layar tancap lagi, kalo yg duduk didepan pas mo pegi pipis jalannya musti merayap, klo tidak dilemparin puntung rokok ama tungkul jagung bakar!

Kayaknya bule sono ngikutin Endonesah kali ya, pake2 layar tancap segala. Layarnya gede ya, mo bediri kayaknya gak bakalan ditereakin ama yg duduk dibelakang!

Fatah said...

Waahh ternyata orang Indonesia bisa ekspor budaya juga ya :)

Kapan balik ke Aceh ? emg kampungnya dimana ?