Sunday, March 11, 2007

Daylight saving time begin

image hosting for myspace

Beratnya bangun pagi... hari ini mulai daylight saving time. Jam harus dimajukan yang berarti waktu tidurpun berkurang sejam. Tahun ini aku ga begitu jelas alasan apa dibalik pergantian jam ini yang seminggu lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Pergantian jam ini sebenarnya untuk menghemat energi. Untuk negara-negara yang letaknya di sepanjang garis katulistiwa tidak ada masalah dengan jumlah jam. Setiap tahun panjangnya siang selalu berkisar 12 jam. Di negera-negara lain yang jauh dari katulistiwa ini, jumlah jam di siang hari tergantung dengan musim. Musim panas panjangnya siang cukup lama, sehingga penggunaan energi seperti lampu listrik juga digunakan lebih sedikit di musim ini. Sedangkan musim dingin panjangnya siang terlalu singkat...malam lebih panjang dari pada siang yang otomatis penggunaan energi juga lebih banyak dimusim ini. Makanya pemerintah mengambil kebijaksanaan mengurangi jam di musim panas dan menambah waktu sejam di musim dingin, untuk penghematan energi ini. Woalah...panjang kali penjelasanku ini, jelas ga ya? Ok dech...kalo ga jelas click aja disini mungkin lebih mudah untuk dimengerti.


Anyway...dari ceritaku yang ngalor ngidul itu. Yach...pergantian jam hari ini emang benar mempengaruhiku. Bukan saja waktu tidur yang berkurang tapi aku harus bangun extra awal yang berarti dinas hari-hari juga dimulai lebih awal.


Oooooooohhhhhhhh beratnya mata dibuka. Untung hari Minggu...kalau hari senin lain lagi dech ceritanya. Aku bangkit dari tempat tidur...berat...berat sekali...mata setengah terbuka setengah tertutup. Aku teriakin semua "ayo bangun........ Kendall cepat siap-siap pergi ngaji". Aku turun langsung nyari kopi supaya mata ini bisa terganjal.


Ga banyak waktu buat ba bi bu...langsung kuantar Kendall ke mesjid yang dimulai pake drama lagi, menangis!!! Ntah karena kurang tidur atau karena malas pergi ngaji, ga jelas! Tapi aku curiga pasti karena ngaji, karena aku tau Kendall ga siap PRnya menghafal surat Al-Kafirun. Dia mau melobbyku supaya bisa bolos, tapi maaf dech Kendall...I can't back you up in this matter. You have to deal with your teacher by yourself. Also...hari ini gilirannya Kendall bawa makan siang untuk semua anak-anak di mesjid. Masak Kendallnya ga hadir?!


Setelah aku drop Kendall di mesjid aku langsung masak buat diantar ke mesjid nanti. Kali ini serba praktis aja. Bikin spagheti instan...soalnya aku ga sempat belanja di Muslim store untuk membeli daging, jadi menunya yang vegetarian aja! Eh lagi sibuk menyiapkan dapat telpon dari mesjid... rupanya aku ketelatan anak-anak pada nunggu makan siang. Aduh mak...aku pontang panting nyiapinnya. Alhamdulillah akhirnya selesai juga 10 menit telat...sori ya?!


Daylight saving time...untung dimulai dihari Minggu.


Kasihan dech Kendall...lagi nangis kupaksain berfoto lagi, makanya senyum terpaksa. Sori ya sayang...abis Kendall lucu sih dengan baju kokonya.


No comments: