Sunday, March 04, 2007

Gara-gara Elvi Sukaesih

Gara-gara Elvi Sukaesih penyanyi dangdut Indonesia yang terkenal di era 70-an bikin aku anti dengan namaku sendiri. Namaku Elvi...rasanya kok tega sih ortuku memberi nama itu buatku? Setiap orang begitu tau namaku langsung disambung dengan "Sukaesih" sebel dech. Pasalnya ES ini penyanyi dangdut yang rasanya waktu dulu ga keren dech kalo suka dangdut, yang padahal diam-diam lagu dangdut juga yang sering disenandungkan kalo ga ada yang tau hi hi hi...dasar munafik!!!

Aku ingat...di awal tahun 80-an aku baru aja berusia 10 tahun. Kala itu musim baju kaos yang bisa dicetak nama di baju. Mami baru pulang dari Jakarta bawa oleh-oleh baju yang ada namanya untuk semua anaknya. Hari pertama aku langsung pake baju itu, mau ngetes maksudnya, liat gimana reaksi orang membaca namaku. Bener dech...selalu disambung dengan Sukaesih! Duh sebelnya... aku bocah kecil ga tau gimana nama itu begitu membebani daku. Dalam hati kok mami papi teganya memberi nama itu buatku? Kok namaku ga seperti kakakku Lensi yang seluruh Indonesia mungkin bisa dihitung dengan jari yang punya nama itu...atau mungkin malah ga ada orang yang punya nama itu. Kenapa ga Heni seperti adikku?! Kenapa harus Elvi?! Akhirnya baju itupun tenggelam dalam lipatan di lemari berkurun lamanya, karena aku malu memakainya.

Setelah aku beranjak besar, mulai dech aku otak atik namaku, dikeren-kerenin... ok Elvi namaku tapi panggilnya Epie, jangan lupa pake"E" biar keren. Atau mau keren lagi Ephie pake "H". Jungkir balik aku hiasi nama itu tetap aja ujung-ujungnya Epie atau Elvi lagi. Sampai akhirnya suatu saat aku pergi seminar internasional di Malaysia kenalan ama orang bulek dan sekarang jadi suamiku hi hi... kuperkenalkan diriku sebagai Evie (jangan lupa bacanya Evie dengan ucapan V nya dengan lafas Inggris, biar keren begitouuuuu... Jadilah Evie nempel terus sampe sekarang.

Sampe akhirnya.... Disini di negri ini baru kusadari bahwa namaku begitu Indah. Setiap orang yang kuperkenalkan namaku selalu komen wow...what a beautiful name. Baru kusadari iya ya... sebenarnya ini nama bagus sekali... sejak itu aku selalu menyebut namaku lengkap Elvi tanpa embel-embelnya, dan ga kukeren-kerenkan bunyinya. Persis seperti bunyi yang mami papi harapkan waktu mereka menamaiku.

Ga nyangka...waktu yang cukup lama baru membangungkanku dari ketidakpercayaanku. Aku tidak pernah membeci namaku lagi, tidak pernah akan. Betapa tidak, bukankah nama itu satu-satunya hadiah yang paling besar yang ortu kita bisa berikan? Dari setiap nama yang mereka berikan kepada kita punya arti dan harapan tersendiri?

No comments: