Saturday, June 09, 2007

Manusia yang manakah kita?!

Pernah ga merasakan ini... satu persoalan belum bisa diselesaikan persoalan lain malah datang menyusul bertubi-tubi, atau istilah lainnya "when it rains, it pours".

Ketika suhu mulai merambat naik baru ketauan rupanya AC mobil tidak mengeluarkan udara sejuknya lagi, malah sebaliknya. Kubawa ke bengkel ternyata ada kebocoran dan biaya gantinya minta ampun mahalnya $1500 wow... satu tiket pulang ke Indonesia...mana tahan dech!!! Minta tolong teman untuk perbaiki bukannya doi ga bisa tapi ini mobil Eropa teknologinya benar-benar tersembunyi katanya, ga bisa dibuka untuk diubek-ubek.

Kecewa...sedih...mendongkol dll... Jual...ga...jual...ga...bingung!!! Mau dijual berapa? Capek dihitung untung ruginya jawabannya tunggu...liat gimana nanti. Untuk sementara Mazen dengan baik hati menukar mobilnya untukku. Alhamdulillah...lebih enak, tapi harga bensin juga minta ampun dech summer ini, apalagi mobil besar begini...uuuuuhhhhhhh...

Baru seminggu ga kerja bokeknya udah kerasa. Makin ga kerja makin banyak waktu buat mikirin yang aneh-aneh, banyak waktu buat liat-liat, banyak waktu buat di rumah dll...dan semuanya pake duit!!!

Akhir-akhir ini kompi ku sering mati mendadak...kurang jelas kenapa. Persiapan untuk mati selama-lamanya sedikit-sedikit aku sudah mulai memindahkan file terutama foto-foto ke disc dan sebagian ke photo on line (ngomong-ngomong foto yahoo mau tutup nih, bagi siapa yang ada foto disana ayo segera dipindahkan).

Mesin cuci piring rusak...makin ga ada mesin kegiatan nyupir juga makin banyak. Maklum summer break dan dapur juga ngebul terus. Semua pada di rumah...pagi siang malam...ga berhenti yang nyupir, nyupir terus.......

Pusying...pusying...lihatlah semua problem diatas. Sebenarnya semua masalah diatas memang benar masalah, suatu persoalan kalau kita memang melihatnya sebagai persoalan yang harus dipecahkan dan harus ada jalan keluarnya. Tergantung bagaimana kita melihatnya barangkali. Masalah itu semakin sulit kalau mau disulitkan.

Masalah mobil bukannya itu suatu pertanda? Dimana harga bensin semakin meningkat mobilku malah mengerti menunjukkan tingkahnya di saat yang tepat? Apalagi kalau bukan suatu kebetulan yang sebenarnya menguntungkan dipihakku?

Komputer? Ini mungkin pertanda...kan belum mati total, masih bisa dipake. Ini masih dugaanku saja bakal rusak. Mungkin masih bisa dipake setahun lagi atau lebih. Pokoknya semua sinyal-sinyal itu mengingatkanku untuk lebih menghabiskan waktu bersama anak-anak, bukannya ngeblog he he he...mumpung masih panas nikmati kegiatan luar daripada duduk di depan TV sambil ngompi.

Kita sebagi manusia harus bisa memilih...mau jadi manusia yang penuh ketidakpuasan atau menjadi manusia yang bersyukur?! Terus terang aku sudah kabur dengan ini semua... maunya bersyukur terus atas semua rahmat ini tapi tak bisa dipungkiri aku adalah seorang yang lebih banyak komplen daripada bersyukurnya. Tapi kenyataannya aku bisa menulis ini berarti aku sadar dengan kekurangannku dan ingin merubahnya.

Kutulis ini untuk mengingatkanku. Jadilah orang yang sabar...kalau kita pikir setengah mati dengan hidup ini. Pikirlah suami kita yang bebannya lebih berat lagi. Memikirkan setiap hari bagaimana menjuggle bill-bill dan bagaimana supaya dapur bisa berasap setiap hari?!

Mobil ga ada AC...Alhamdulillah, cuma AC yang ga ada, masih ada mobil. Yang ga ada mobil, alhamdulillah masih bisa jalan. Yang masih bisa jalan, bersyukur kakinya masih ada. Yang kakinya patah bersyukur masih bisa hidup, ada mata, telinga dll segala macam nikmat Allah yang diberikan.

Jangan lihat rumput tetangga, emang lebih hijau. Percayalah tetangga kita biar rumputnya hijau, juga selalu melirik ke rumput kita. Orang yang kena kanker otak menyesal punya otak. Nah lho...apalagi yang kita susahkan?! Bukankah setiap persoalan kalau kita melihat kebawah selalu menyejukkan hati?! Maka sering-seringlah melihat ke bawah, lebih gampang daripada melihat keatas.

Kehidupan akan sulit kalau mau disulitkan...maka nikmatilah apa yang ada. Jadilah orang yang bersyukur karena dengan banyak bersyukur jalan hiduppun akan dimudahkan Allah SWT. Aku yang terlalu banyak lupa mudah-mudahan tulisan ini bisa mengingatkan...buatku dan buat yang membaca juga. Semoga ada manfaatnya. Thanks to blog...ajang tulis menulis yang tulisannya ga pernah dimuat di koran. Ambil hikmahnya kan?!

No comments: